Berita

Jumat, 21 Desember 2012

Adat Nyorong



Upacara Adat ‘ nyorong
12:53 p.m
Nyorong adalah upacara mengantar barang-barang dari pihak keluarga calon pengantin laki-laki ke tempat calon pengantin perempuan. Barang –barang itu adalah semua kelengkapan yang telah di sepakati pada saat kegiatan basaputis yang akan di pergunakan untuk pelaksanaan perkawinan. Baik untuk acara nikah maupun tokal basai. Sering terjadi bahwa barang-barang tersebut juga di hajatkan untuk kelengkapan kedua pengantin setelah mereka hidup berumah tangga kelak.
Barang-barang tersebut di antarkan secara beramai-ramai dan di pimpin oleh tokoh masyarakat atau tokoh agama . biasanya barang-barang yang di antar berupa : bahan-bahan makanan pokok, bahan pembuat kue, ternak, pakaian, serta tempat tidur.
Nyorong bertujuan untuk membantu dan meringankan beban keluarga pihak pengantin perempuan dalam menghadapi upacara Tokal Basai, juga sebagai acara silaturrahmi antara kedua pihak keuarga pengantin.
Dalam perjalanan menuju rumah calon pengantin perempuan, rombongan nyorong di semarakkan dengan kesenian ratib rebana ode. Sesampainya di rumah calon pengantin perempuan, rombongan nyorong ini di sambut dengan acara rabalas lawas sehingga membuat suasana penuh keakraban dan kemudian di lanjutkan dengan menyerahkan barang-barang kepada pihak keluarga pengantin perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar