Berita

Jumat, 21 Desember 2012

adat tama lamung



Upacara Adat  ‘tama lamung
Friday 22 desember 2012
Upacara tama lamung adalah upacara memasang atau mengenakan baju pada anak perempuan yang akan memasuki usia aqil baligh. Tama lamung di maksudkan sebagai pemberitahuan kepada anak bahwa ia akan memasuki usia remaja. Sehingga dapat menyadari dirinya secara fisik maupun mental dalam menghadapi perubahan yang  akan di alaminya. Beberapa kegiatan yang penting di ketahui pada upacara tama lamung adalah :
a)   Upacara mandi air kembang
b)  Upacara memakai pakaian adat Sumbawa
Upacara ini dilaksanakan di atas tikar yang dinamakan “ Tipar Lonjo” atau “ Tipar Umpu”. Dalam upacara ini, harus tersedia kelengkapan-kelengkapan seperti : dila malam, beras kuning, nasi ketan, ketupat dan baju ( lamung pene) sebanyak 7 buah yang warnanya berbeda.
Upacara berlangsung sambil di iringi dengan serakal dan ratib. Ketujuh baju yang berbeda warnanya itu secara bergantian dikenakan kepada anak oleh orang yang berbeda-beda. Setiap pemasangan baju selalu di taburi/di lempari dengan beras kuning ( loto kuning ). Setelah baju di kenakan maka sandro akan mengelilingi anak tersebut dengan dila malam sebanyak 7 kali keliling sambil membacakan do’a, agar anak tersebut kelak dapat menjadi anak sholehah dan berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar